Gambar

Gambar

Kelebihan Teknologi Mesin Toyota Etias Valco

Kelebihan Teknologi Mesin Toyota Etias Valco - Pada awalnya Mobil etiios ini terlebih dulu di produksi di negara India sebagai uji coba pasar international yang dilakukan oleh Toyota. Di india kendaraan ini dibandrol dari harga termurah  sekitar 500.000 rupee atau jika dirupiahkan senilai Rp 100 jutaan. Mengulas sedikit tentang harga mobil ini saat  dipasarkan di indonesia beberapa tahun yang lalu, harga mobil ini berkisar di angka 100- 120 jutaan . sedikit berbeda dengan hasil konversi mata uang india dengan rupiah, selisih tersebut di karenakan adanya pajak dan perizinan oleh pihak pemerintah. jadi tidak heran lagi jika harganya berbeda dengan pasaran harga jual di india.


Kelebihan Teknologi Mesin Toyota Etias Valco


Di negara india terdapat 2 type yaitu Toyota Etios sedan dengan spesifikasi mesin 1300 - 1500 cc dan Etios Liva Hatchback dengan 1200 CC. lalu type yang ada di pasar otomotif indonesia adalah type hatchback 1200 cc yang berubah nama type menjadi Toyota Etios valco . berikut ini  Spesifikasi Toyota Etios Jenis Hatchback (Toyota Etios Valco) :

- Engine Type : 3NR-FE
- Mesin : 1197 (1200)cc DOHC dengan  4 silinder
- Teknologi : VVTi
- Daya : 80 PS @ 5600 rpm
- Torsi : 104 Nm @ 3100 rpm
- Transmisi : 5 gigi percepatan
- Acceleration : 14.08 second for 0 to 100km/hours
- Panjang : 3775
- Tinggi : 1510
- Lebar : 1695

Keunggulan Toyota Etios selain brand Toyota lainnya adalah teknologi mesin yang sudah menggunakan vvti (variable valve timing with inteligent), dimana dengan teknologi ini akan memaksimalkan  torsi untuk setiap kondisi jalan dan kecepatan  hingga penggunaan BBM lebih efisien tetapi tetap dengan tenaga yang besar walaupun kapasitas mesin cc nya kecil, kemudian tentu saja lebih ramah lingkungan dikarenakan gas buang hasil pembakarannya lebih bersahabat dan non polusi


Pabrikan Toyota Indonesia, lewat situs resminya menjelaskan secara detail menyangkut kelebihan teknologi ini. Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) pada dasarnya, mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi mengemudi. Lewat mekanisme ini, otomatis konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisein dan emisi lebih rendah. VVT-i mempunyai cara kerja yang cukup sederhana. Untuk menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) akan menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle (akselerasi) dan temperatur air.
Agar target valve timing senantiasa terwujud, sensor posisi crankshaft memberikan sinyal yang menjadi respon koreksi.

Baca Juga : Paket Kredit Mobil Murah Toyota etios Valco 2015 baru Termurah

Sistem VVT-i ini akan mengevaluasi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara. Disesuaikan dengan pijakan pedal gas serta beban yang ditanggung untuk menghasilkan torsi yang optimal di tiap putaran dan beban mesin. Mesin yang terpasang  teknologi VVT-i menyajikan kelebihan tenaga yang lebih optimal, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan. Keuntungan lain, teknologi ini bisa membuat biaya(cost)  pemeliharaan kendaraan anda jadi lebih minim, karena kegiatan tune-up atau penyetelan klep dan sebagainya, sudah tidak diperlukan lagi.



Namun demikian perawatan untuk kendaraan Anda harus tetap dilakukan dengan berkala. Jangan pernah sembarangan memilih bengkel karena mesin ini memerlukan komputer diagnosa khusus yang hanya tersedia di bengkel resmi saja, jadi tetap cermat dalam memilih bengkel agar mobil terawat dengan baik.. Teknologi VVT mulai digunakan Toyota sejak 1991, pada mesin 4A-GE, ada lima katup per silinder. Hampir semua  jenis produk Toyota kemudian beralih ke teknologi VVT-i mulai 1996, mempunyai variasi waktu katup asupan dengan menyelaraskan hubungan antara camshaft drive (belt, gunting- gear atau rantai) dan camshaft intake.

Jenis atau type dari sistem ini ada VVTL-i (Variable Valve Timing dan Lift-intelligence), Dual VVT-i, VVT-iE (Variable Valve Timing-intelligent), dan Valvematic oleh motor listrik. Demikian Ulasan kami tentang Kelebihan Teknologi Mesin Toyota Etias Valco .

Powered by 123ContactForm | Report abuse